Media Pembelajaran Sekolah Dasar Sederhana dari Barang Bekas
Beberapa waktu yang lalu anak saya Alifa kesusahan mencar ilmu perihal bahan jam (waktu). Saat ini dia sekolah di jenjang Sekolah Dasar (sekolah dasar). Nah untuk mempermudah belajarnya, kami menciptakan media pembelajaran sederhana. Kebetulan di rumah ada bekas kotak sarung bapaknya. Ditambah beberapa bahan penunjang yang lain dan perlengkapan sederhana, jadilah media pembelajaran untuk Sekolah Dasar berupa versi jam tersebut.
Untuk memperbesar minat anak kepada media pembelajaran sederhana dari barang bekas ini, kita dapat mengajak anak untuk membuatnya dengan pemberian. Karena mungkin untuk beberapa pekerjaan (langkah) mereka masih kesusahan atau berhaya tanpa pengawasan orang bau tanah, terlebih pada belum dewasa yang masih sangat mudah. Diharapkan media pembelajaran ini mampu betul-betul menolong mereka membaca jam berdasarkan jarum-jarum yang mampu diputar-putar itu.
Nih lihat, bangganya Alifa memberikan versi jam yang dibuatnya.
|
Alifa dan media pembelajaran sederhana versi jam dari barang bekas |
Alat dan Bahan
Adapun alat-alat dan materi-materi yang diharapkan untuk membuat media pembelajaran jam sederhana seperti gambar yang ditunjukkan Alifa di atas adalah sebagai berikut:
Alat
Adapun alat-alat yang digunakan untuk menciptakan media pembelajaran jam sederhana ini yaitu:
- gunting
- lem tembak
- cutter atau pisau
- spidol
- piring atau benda berupa bundar yang lain
Bahan
Adapun materi-bahan yang digunakan untuk membuat media pembelajaran jam sederhana ini yakni:
- Kotak bekas bungkus sarung
- Batang plastik lem tembak
- lem kertas
- Kertas karton berwarna
Cara Membuat Media Pembelajaran SD: Model Jam
- Ambil selembar kertas karton berwarna (Alifa menggunakan karton warna merah).
- Kita akan membuatnya piringan jam.
- Gunakan piring dan spidol untuk menciptakan lingkaran, pastikan ukuran piring sesuai dengan ukuran kotak sarung yang digunakan (masuk di dalam kotak/diameternya sedikit lebih kecil dari panjang dan lebar kotak).
- Perhatikan gambar. Alifa mampu melaksanakan langkah ini tanpa pemberian orang dewasa.
|
menggunakan piring untuk mencetak teladan piringan jam |
- Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Tampak sebuah bundar (meskipun tak tepat).
|
ini lingkarannya dengan pola piring tadi |
- Langkah selanjutnya yakni menggunting lingkaran tersebut, yang mau menjadi piringan media pembelajaran jam ini.
|
menggunting acuan lingkaran untuk piringan jam |
- Jika lingkarannya telah diiris, langkah selanjutnya yakni menuliskan angka-angka pada piringan jam. Tetapi sebelumnya kita perlu membagi sama bulat itu menjadi 12 bagian sehingga dikala anak menuliskan angka-angka 1 hingga 12 itu berada pada posisi relatif tepat.
- Caranya adalah dengan melipat-lipat bundar itu berdasarkan garis tengahnya. Perhatikan cara alifa melipat piringan karton untuk melaksanakan ini.
|
lipat piringan untuk memudahkan membagi piringan menjadi 12 titik |
- Selanjutnya berilah titik-titik kawasan nanti anak menuliskan angka 1 hingga 12 itu. Lihat gambar berikut. Acuannya ialah bekas lipatan-lipatan kertas. Ada 12 titik yang harus dibentuk. Cara gampangnya, lipat beberapa kali agar bisa menentukan titik dengan posisi yang cukup akurat.
|
menandai titik titik untuk angka jam dengan spidol |
- Berikutnya, kita harus membuat jarum panjang dan jarum pendek. Jarum panjang untuk penunjuk posisi menit, sedangkan jarum pendek untuk penunjuk posisi jam. Gunakan warna yang berbeda untuk karton yang digunakan. Alifa memakai warna kuning untuk jarum panjang, sedang untuk jarum pendeknya ia lebih suka memakai warna pink.
|
membuat jarum jam dari kertas karton berwarna |
- Bentuk jarum jamnya tidak usah terlalu rumit ya. Perhatikan gambar berikut. Alifa menciptakan bentuk jarum yang sungguh sederhana.
- Jika sudah dibentuk, cobalah mencocokkan panjang kedua jarum dengan piringan jam, potong jikalau terlalu panjang, contohnya jikalau ujung jarum menutupi angka pada piringan jam nantinya.
|
mencoba-coba mencocokkan ukuran panjang jarum jarum jamnya |
- Langkah berikutnya yakni membuat lubang di tengah piringan jam. Caranya lipat kembali piringan jam sehingga terlihat seperti gambar berikut, lalu potong bagian yang runcing pada lipatan itu.
|
melubangi tengah piringan jam untuk menempatkkannya pada poros jam |
- Sekarang buka lipatan piringan. Lalu tulis dengan spidol angka-angka penunjuk jam dari 1 hingga 12. Hati-hati jangan sampai salah menaruh angkanya. Ingat, angka 12 ada di posisi paling atas ya. Gunakan spidol untuk menuliskan angka ini pada piringan kertas.
|
menuliskan angka-angka pada piringan jam |
- Piringan jam, beserta kedua jarumnya sudah siap. Sekarang mengelola kotak bekas kemasan sarungnya.
- Pada kotak kita akan membuat poros jam. Gunakan batangan lem tembak ukuran kecil. Potong dengan cutter atau pisau, panjangnya sekitar 2,5 cm. Hati-hati dan bantu anak anda jikalau ingin melakukannya sendiri mirip Alifa.
|
mempersiapkan poros jam dari batangan plastik lem tembak |
- Berikutnya kita akan menempelkan batangan lem tembak tadi ke tengah-tengah kotak sarung untuk menjadi poros jam. Bantu anak melakukannya karena di sini kita menggunakan lem tembak (hot glue gun) yang dipanaskan. Cairan lem yang meleleh dan ujung pistol lem sungguh panas dan mampu membuat luka bakar jikalau terkena kulit. Berhati-hatilah.
|
menempelkan poros jam pada kotak sarung |
- Nah, jikalau poros jam dari batangan lem tembak sudah dipasang kesannya akan terlihat mirip gambar berikut.
|
nah..ini beliau poros jam nya, sudah menempel dan beridiri tegak di tengah tengah kotak |
- Langkah berikutnya yaitu menempelkan piringan jam media pembelajaran kita. Gunakan lem kertas pada bagian belakang piringan yang telah dibuat (pada bab yang tidak ditulisi angka). Berikan lem secukupnya pada pinggirin piringan dan beberapa bab tengah agar kertas ini nantinya sungguh-sungguh menempel dengan berpengaruh pada kotak sarung.
|
memberi lem pada belakang piringan jam untuk ditempelkan pada kotak sarung |
- Pasang piringan pada kotak. Posisikan sedemikian rupa sehingga angka 12 ada di bab yang hendak menjadi bagian atas media belajar jam ini. Perhatikan Alifa menempelkan piringan pada kotak sarung pada gambar berikut.
|
menempelkan piringan jam, awas ... angka 12 di atas ya |
- Berikutnya lubangi pangkal dari kertas-kertas yang mau difungsikan sebagai jarum panjang dan jarum pendek dengan gunting. Buatlah lubang yang sedikit lebih kecil dari diameter batangan lem tembak (poros jam).
- Masukkan kedua jarum jam ke porosnya mirip gambar di bawah ini.
|
memasang jarum-jarum jam pada porosnya, dan jam siap dipakai untuk berguru |
Nah, bila sudah dipasang, maka media pembelajaran sederhana dari barang bekas berupa jam jam-an mainan ini telah mampu dipakai.
Tips Menggunakan
- Mulailah dengan mengajarkan jam pada posisi sempurna pukul 1, pukul 2, dan seterusnya yang ditunjukkan dengan jarum panjang di angka 12.
- Lanjutkan dengan jam pada posisi lewat 30 menit.
- Barulah jika anak paham, mampu dilanjutkan dengan mengajar mereka membaca jam pada posisi pukul berapapun.
Demikian cara menciptakan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar (Sekolah Dasar) berupa media berguru JAM dari kotak sarum bekas dan kertas karton berwarna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Harap komentar dengan bahasa yang sopan