MENGATUR UKURAN KERTAS ATAU PAGE SETUP PADA MICROSOFT WORD - CERDIK ONLINE

Latest

Jumat, 05 Juli 2013

MENGATUR UKURAN KERTAS ATAU PAGE SETUP PADA MICROSOFT WORD

Mengatur page setup Microsoft Word sangatlah penting sebelum kita lakukan print data, agar bentuk data sesuai pada kertas setelah kita print, terkadang terjadi beberapa kesalahan dalam mengatur page setup Microsoft word sehingga hasil cetakan tidak sesuai. Untuk mengatur page setup Microsoft word, ada beberapa point-point yang harus kita perhatikan, seperti size width dan height, margin top, bottom, right, left, dan orientation, point ini yang paling penting dalam mengatur page setup Microsoft word.

Pada latihan 1 ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatur ukuran kertas atau yang disebut mengatur page setup pada Microsoft word, berikut langkah-langkahnya :

usahakan pengaturan page setup dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pengetikan data, jadi pada saat mengatur page setup Microsoft word, lembaran masih kosong.
Setelah itu, pilih menu page layout, atur satu persatu mulai dari margin, orientation, size.








Margins
Kita mulai dari mengatur margins page setup Microsoft word, sebenarnya dari mana sajapun boleh, mau dari orientation atau size terlebih dahulu itu tidak jadi masalah.
Margins artinya jarak antara tepi data dengan tepi kertas, atau bisa dibilang lebar area kosong yang ada disekeliling pinggiran data. Margin terdiri dari top/atas, bottom/bawah/, left/kiri, right/kanan. 
Untuk mengaturnya :
-       klik tombol margins, lalu pilih ukuran-ukuran yang sudah ditentukan secara otomatis,

-       untuk pengaturan secara bebas, artinya kita bisa tentukan nilai yang ada pada top, bottom, right dan left, maka
-       klik Custom Margins…

-       lalu rubahlah sesuai yang diinginkan nilai yang ada dikolom masing-masing, top, bottom, right, dan left.
-       Ingat!! Ada tanda kutip (“) setelah nilai, itu artinya menunjukkan satuan inchi, jadi aturlah nilainya dengan ukuran satuan inchi
-       Bila ingin mengatur dengan ukuran satuan Centimeter (cm), maka kita harus merubah setingan microsofnya, caranya klik DISINI.

>> cara untuk menampilkan garis batas margins pada Microsoft word klik DISINI.

Orientation
Orientation adalah bentuk tampilan lembar kerja atau bentuk orientasi data pada kertas setelah dicetak, 
Ada 2 jenis orientation, yaitu landscape dan portrait.
-       Landscape  artinya bentuk tampilan horizontal, jadi digunakan untk membuat data yang berbentuk horizontal, contoh gambar dibawah ini :

-       Portrait artinya bentuk tampilan vertikal, jadi digunakan untuk membuat data yang berbentuk vertikal, contoh gambar dibawah ini :

Size
Adalah ukuran kertasnya yang terdiri dari width/lebar dan height/panjang,
-       klik tombol size, lalu pilih ukuran yang sudah ditentukan secara otomatis, misalnya ada letter, tabloid, A4, dll.
-       Untuk mengatur nilai lebar dan panjang kertas sesuai yang kita inginkan, klik more paper size, maka akan tampil seperti ini :

-       Lalu aturlah nilai yang ada pada width/lebar dan height/panjang, sesuaikan dengan panjang dan lebar kertas yang digunakan.



Klik MATERI 2

1 komentar:

Harap komentar dengan bahasa yang sopan